Memulai Sosial Media dengan Strategi yang Tepat

Memulai Sosial Media dengan Strategi yang Tepat – Saat ini sudah semakin banyak orang yang senang menjalankan bisnisnya menggunakan banyak strategi yang tepat untuk mendapatkan banyak hasil yang memuaskan. Sosial media marketing adalah bentuk pemasaran digital yang menggunakan media sosial dan situs web jaringan untuk mempromosikan produk atau layanan organisasi melalui cara berbayar dan organik. Ini adalah platform di mana pemasar dapat berinteraksi dengan pelanggan, menyelesaikan pertanyaan dan keluhan, mengumumkan produk dan layanan baru, mendapatkan umpan balik dan rekomendasi, serta membangun komunitas mereka.

Memulai Sosial Media dengan Strategi yang Tepat

Langkah 1: Jalankan Audit Media Sosial
Sebelum Anda menetapkan tujuan dan membuat rencana social media marketing, selalu ada baiknya untuk memulai dengan menganalisis apa yang berhasil untuk bisnis Anda di masa lalu. Kunjungi bagian analitik / wawasan dari akun media sosial Anda dan perhatikan karakteristik demografis audiens, lokasi, jenis konten apa yang telah berfungsi, dan sebagainya.

Demikian pula, kunjungi sumber lalu lintas rujukan di Google Analytics (atau alat analisis yang Anda gunakan) untuk memahami platform mana yang paling berguna untuk mengarahkan lalu lintas ke situs web.

Analisis pesaing akan memungkinkan Anda melacak apa yang saat ini berhasil dan mengevaluasi kekuatan dan kelemahan mereka dalam hal media sosial. Ini akan membantu Anda membentuk strategi media sosial yang efektif untuk organisasi Anda.

Langkah 2: Tetapkan Sasaran dan Tentukan Metrik
Apa tujuan merek Anda melalui media sosial? Apakah untuk meningkatkan kesadaran merek, menghasilkan prospek, memberikan dukungan pelanggan, atau meningkatkan keterlibatan dan jangkauan merek? Namun, memiliki tujuan saja tidak cukup. Tentukan metrik yang dapat mengidentifikasi apakah Anda telah mencapai tujuan Anda atau tidak.

Misalnya, jika Anda ingin meningkatkan kesadaran merek, metrik idealnya adalah followers yang akan Anda kumpulkan dalam jangka waktu tertentu. Beri angka dan kerangka waktu.

Mengadopsi filosofi SMART (Specific, Measurable, Achievable, Realistic and Time Bound) adalah cara ideal untuk menentukan tujuan dan metrik Anda.

Langkah 3: Teliti Target Audiens Anda
Langkah mengaudit media sosial sudah memberi Anda beberapa wawasan tentang audiens Anda. Langkah selanjutnya adalah menentukan persona audiens yang mewakili ciri khas pengguna seperti industri mereka, penunjukan pekerjaan, preferensi konten, demografis, karakteristik psikografis, dll.

Analisis pesaing juga akan membantu Anda memahami platform yang lebih disukai audiens Anda untuk menghabiskan waktu. Misalnya, jika pesaing memiliki pengikut yang signifikan di Facebook dibandingkan dengan platform lain, Anda dapat berasumsi bahwa audiens Anda lebih aktif di Facebook.

Langkah 4: Tentukan Strategi Konten
Sosial media marketing Anda juga berfungsi sebagai media distribusi untuk pengalaman konten bisnis. Konten Anda harus berusaha untuk menghibur, menginformasikan, melibatkan, dan membujuk audiens Anda. Strategi konten harus didasarkan pada tujuan dan target pasar Anda. Identifikasi tantangan utama audiens dan prospek Anda dan cari tahu bagaimana Anda dapat menyelesaikannya melalui konten Anda. Ini membentuk dasar untuk strategi konten Anda.

Merumuskan kalender konten bisa menjadi ide terbaik untuk mengotomatiskan pengeposan media sosial Anda sehingga Anda tidak merasa terhalang secara kreatif dalam pengeposan setiap hari.